Spot Mancing Pantai Pandansimo Jogja

Spot Mancing | Lokasi Mancing Pantai Jogja – Pantai ini berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kurang lebih 20 km arah barat daya Kota Bantul. Terletak bersebelahan dengan Muara Sungai Progo. Pantai ini merupakan pantai paling barat dari deretan Pantai Selatan yang masuk ke wilayah Kabupaten Bantul.

Nama Pandansimo berasal dari kata “pandan” (pohon pandan) dan “simo” (harimau). Di pantai ini terdapat padepokan khas bangunan Jawa yang di tengahnya ada pohon pandan. Dari jauh, bangunannya nampak seperti simo (harimau).

Suasana mistis yang masih kental dengan banyaknya petilasan yang keramat, hiruk pikuk nelayan melawan ganasnya ombak merupakan daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Di Pantai Pandansimo juga terdapat objek wisata ziarah seperti Pandanpayung dan Pandansari. Pada zaman Raja Hamengkubuwono VIII pantai ini diresmikan dan dijadikan tempat tirakat, sekaligus kampung nelayan.

Di sini ada pasar ikan dan padepokan yang dibangun dengan model khas bangunan Jawa yang di tengahnya ada pohon pandan. Pemandangan di Pantai Pandansimo sangat bagus, terutama pada pagi hari, serta udaranya yang sejuk.

Seperti pantai – pantai lainya di Jogjakarta, pantai Pandansimo juga menjadi salah satu tujuan para pemancing dari Jogja dan sekitarnya. Terutama para pecinta mancing pasiran / surf fishing. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *