Mancing Di Teluk Awang Lombok

Zona Mancing – Spot Mancing. Lokasi Mancing Pulau Lombok – Lokasi Teluk Awang berada dalam satu kawasan dengan Teluk Ekas , yakni teluk terbesar di Lombok. Jika Teluk Ekas berada di wilayah Lombok Timur, Teluk Awang masuk wilayah Lombok Tengah. Namun demikian secara umum teluk ini memang sangat terkenal dengan hasil lautnya. Di teluk ini hidup ikan dari berbagai jenis dan ukuran, sangat cocok untuk mereka yang hobi memancing. Mayoritas penduduk di sekitar teluk pun bekerja sebagai petani rumput laut, udang dan lobster.

Tak heran jika di perairan Teluk Awang ada puluhan keramba milik nelayan dan beberapa perahu yang berjajar rapi. Sebelah kanan teluk dihiasi pohon bakau sedangkan di sebelah kiri ada hamparan pantai berpasir putih. Saat mata memandang jauh ke depan, itulah Teluk Ekas yang terletak di Jerowaru. Sembari memancing, Anda bisa menikmati view Teluk Awang yang indah dan damai. Anginnya bertiup lembut, membuat siapapun betah untuk berlama-lama memancing di lokasi ini.

Lokasi Teluk Awang sendiri berada di balik bukit. Sekitar 500 meter sebelum lokasi teluk, kita bisa melihat panorama teluk Awang dari ketinggian bukit ini. Pemandangan cukup indah dengan hamparan air laut yang biru serta bangunan pelabuhan ikan yang sebenarnya cukup megah. Jika tertarik liburan dan memancing di Teluk Awang, Anda tak perlu khawatir, karena akses menuju tempat ini cukup baik. Jalur darat sampai Pantai Kuta sudah bagus, beraspal lebar dan halus.

Namun jalur dari Kuta ke timur masih dalam proses pengerjaan aspal. Berada di 15 km timur Pantai Kuta , Teluk Awang masuk di wilayah desa Awang, Kecamatan Pujut. Dari kota Mataram, Teluk Awang berjarak sekitar 70 Km dengan rute Mataram – Praya – Pujut – Awang. Oya, Anda sebaiknya menyewa mobil untuk menuju Teluk Awang agar memudahkan Anda selama memancing dan mengunjungi destinasi wisata lainnya di Lombok. Karena dekat dengan Pantai Kuta, Anda bisa menginap di hotel yang berada di sekitar kawasan ini seperti Novotel Lombok Hotel , Kuta Indah Hotel dan Tastura Beach Hotel.

Selain Teluk Awang, para penghobi mancing bisa juga mengeksplorasi pantai Bangko Bangko yang menyimpan spot-spot kaya ikan. Anda bisa menyewa kapal untuk mendatangi spot-spot tersebut dan memanen ikan. Pantai Bangko Bangko dekat dengan perkampungan nelayan sehingga selain memancing, Anda bisa memuaskan hasrat kuliner disini. Selamat memancing!

1 comment for “Mancing Di Teluk Awang Lombok

  1. Rahmat Gilling
    04/12/2013 at 8:20 pm

    Ingin mancing di sekitar pantai Kuta maupun di Tangjung Aan dan Pantai Selong Belanak……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *