Mancing Di Dermaga Pelabuhan Ikan Muncar

ZonaMancing – Muncar adalah salah satu pelabuhan ikan terbesar di Indonesia yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Pada musim penangkapan ikan dimulai, pelabuhan ini penuh dengan ikan tangkapan para nelayan yang bisa mencapai 10 ton ikan per malam. Nelayan di sini melakukan penangkapan ikan secara berkelompok. Ukuran kapal yang berbeda – beda ternyata mempunyai tugas yang berbeda pula. Kapal yang berukuran lebih kecil dan dilengkapi lampu yang sangat terang bertugas sebagai kapal penarik perhatian ikan. Setelah ikan ikan berkumpul, kapal ini akan memberi tanda kepada kapal – kapal yang lebih besar untuk menebar jaring dan menangkpa ikan. Ikan hasil tangkapan ini nantinya akan dibagi sesuai dengan kesepakatan.

Selain sebagai aktifitas pelabuhan ikan, di dermaga pelabuhan ini ternyata juga merupakan tempat favorit untuk memancing. Masyarakat sekitar sekitar memanfaatkan dermaga Muncar ini untuk menghabiskan waktu dengan memancing. Pada sore hari banyak para pemancing di sepanjang dermaga ini.

Kami sempat melihat aksi dan berbincang dengan salah seorang pemancing di dermaga ini. Dengan menggunakan umpan udang dan joran tegek berukuran sekitar 3 meter, pemancing ini bisa mendapatkan ikan yang lumayan banyak. Bahkan sempat mendapat strike berupa belut laut. Sayang nya kami tidak sempat mencoba memancing di dermaga ini karena waktu kunjungan yang terlalu singkat. Bagi anda yang ingin mencoba sensasi mancing di pinggir dermaga, spot ini sangat potensial untuk dicoba.

 

(zm).

1 comment for “Mancing Di Dermaga Pelabuhan Ikan Muncar

  1. putro
    24/02/2012 at 2:13 am

    saya akan coba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *