Umpan Mancing Kolam Galatama

ZonaMancing – Di pemancingan kolam dengan sistem mancing galatama selain skill para pemancing, yang merupakan faktor penting untuk sukses tidaknya mengangkat ikan besar juga di tentukan oleh umpan. Selera makan ikan di setiap kolam tidaklah sama, jadi alangkah baiknya sebelum kita memancing di kolam apalagi dengan sistem mancing galatama, kita selidiki dulu umpan yang biasa dipakai di kolam tersebut.

Dari beberapa sumber yang di dapat, tim ZonaMancing mengkategorikan umpan mancing galatama menjadi 3 jenis. Tiga jenis umpan ini yang umum digunakan para pemancing pada sistem mancing galatama.

pelet umpan mancing kolam galatama

1. Umpan Wangi. Umpan ini berbahan dasar susu bubuk, kentang, keju, jagung, sagu dan lain – lain yang dicampur dengan bahan yang beraroma wangi seperti pandan atau essence atau bahan lainnya. Biasanya Hasil dari pencampuran bahan – bahan ini akan berwarna kuning.
2. Umpan Amis. Bahan dasar ini sama seperti umpan wangi, hanya saja campurannya berupa bahan yang berbau amis seprti telur bebek, telur ikan, ikan laut,  udang, deho dan sebagainya. Hasil campuran bahan – bahan diatas biasanya akan berwarna putih.
3. Umpan Netral. Umpan ini hanya terdiri dari bahan dasar saja, tidak di campur dengan aroma wangi atau amis.

Yang terpenting dalam mancing dikolam galatama adalah mengetahui medan pemancingan. Dengan demikian kita bisa menentukan umpan apa yang akan kita pakai untuk galatama. Kalau perlu kita tanya kepada sesama pemancing galatama tentang umpan, tehnik, dan kebiasaan makan ikan di kolam tersebut agar nantinya tidak membuat kita hanya menjadi penonton ketika para pemancing galatam yang lain bergantian menghentakkan joran mereka.

Memang dalam hal mancing galatama, dibutuhkan skill mancing yang diatas rata – rata. Selain itu, insting mereka tajam – tajam, mata tidak akan pernah lepas dari pelampung, sehingga begitu ada gerakan sekecil apapun, mereka dapat mengetahui kapan joran akan di seblak.

Selamat mencoba.

(zm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *