Tips Rangkaian Pancing Untuk Ikan Bawal

rangkaian mancing dasaran

Tips Rangkaian Pancing Untuk Mancing Ikan Bawal – Berbagai macam rangkaian mancing digunakan oleh para mancing mania untuk mancing ikan bawal. Berikut salah satu rangkaian untuk mancing ikan bawal yang bisa anda gunakan.

Peralatan :
1. Nilon / Seling / Senar / Nikelin

2. Pancing / Mata Kail Ukuran 4/5

3. Kili-kili ( Swivel)

4. Timah (pemberat) : sebesar biji jagung

5. Joran dan Kenur / Senar

6. Pelampung

rangkaian mancing dasaran

RANGKAIAN BERPELAMPUNG
Rangkaian berpelampung merupakan rangkaian umum yang banyak dipakai pemancing, karena isyarat deteksi mudah dibaca. Pemasangan pelampung cukup mudah bila digunakan peniti khusus pelampung dan karet pembatas khusus (stopper) yang membuat rangkaian tadi menjadi praktis di joran anda. Rangkaian berpelampung ini sangat cocok diterapkan pada air yang tenang atau berangin sedang dengan kedalaman maksimal 2 meter. Ukuran kedalaman air harus tepat agar jarak pelampung dengan umpan tidak terlalu panjang yang dapat membuat ikan luput dikenai saat joran dihentak, jangan pula terlalu pendek sehingga pelampung tenggelam atau umpan mengambang.

RANGKAIAN GLOSOR
Keuntungan dari rangkaian ini antara lain yaitu dapat dilontarkan lebih jauh lagi ke tengah, mudah mendeteksi umpan yang disambar ikan sebelum umpan tersebut mencapai dasar, jarang membuat kenur anda dengan kenur pemancing lain saling mengikat (kusut) dan anda tak perlu memicingkan mata karena melihat pelampung yang jauh namun cukup melihat tempat masuknya kenur ke dalam air atau merasakan umpan yang termakan dengan sentuhan jari anda bahkan terkadang mata kail akan tertancap sendiri tanpa perlu anda menggentak lagi.

Karena gigi ikan bawal yang tajam, maka perlu pemikiran khusus untuk rangkaian mancing ikan bawal. Para pemancing biasanya menggunakan kawat seling untuk mengatasi gigi ikan bawal, tapi saya lebih memilih memakai benang nylon yang dipasangi kelem (pipa besi kecil). Karena benang nylon tidak kaku seperti seling, sehingga mudah dihisap oleh ikan. Untuk model rangkaian dan jumlah mata kail yang dipakai tergantung kesukaan dan kebutuhan. Yang terpenting adalah rangkaian di dekat mata kailnya.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin View all posts by

One Comment on "Tips Rangkaian Pancing Untuk Ikan Bawal"

  1. Sikodok Jeyeegg 19/04/2013 at 7:12 pm - Reply

    Mantap kang… kebetulan lg butuh artikelnya ni… heheh
    Mapir neng blogku kang h**p://matakailindo.blogspot.com/
    Salam Mancing Mania (JOGJA)

Leave A Response