Tips Merawat Joran Pancing

ZonaMancing – Perawatan piranti pancing perlu dilakukan untuk menjaga agar piranti pancing kita tetap bagus dan tidak cepat rusak. Berikut tips untuk merawat joran pancing segala tipe agar joran tidak mudah rusak.

Setelah pulang mancing, jangan biarkan joran yang baru saja dipakai digeletakkan begitu saja. Karena sisa-sisa umpan yang menempel dan bau umpan dapat mengundang hewan untuk menggerogoti busa gagang joran. Sebaiknya cuci bersih gagang joran dengan sabun dan disikat kemudian bilas hingga bersih. Untuk batang disabuni dengan menggunakan lap sedangkan marit (jalur kenur) dibersihkan dengan sikat gigi agar kotoran di sela-selanya hilang. Dan disimpan setelah kering.

perawatan joran pancing

Bila ingin disimpan dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya setelah joran dibersihkan, gosok batang joran dengan lilin pengkilap cat (wax polisher) dan lumasi putaran dudukan ril dan maritnya. Taruh joran pada tempatnya yang berbentuk selongsong pipa atau digantung di tempat yang aman terutama agar jangan sampai joran terinjak secara tidak sengaja.

(mancing.info)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *