Tips Mancing Saat Hujan

ZonaMancing – Tips & Trik Mancing – Musim penghujan kadang membuat para pemancing malas untuk mancing karena selain resiko harus berbasah basahan, pada saat hujan ikan jadi susah untuk dipancing. Kondisi ini tentunya tidak berlaku bagi para penggila mancing, tidak perduli apakah cuaca sedang panas atau hujan, kalau hati sedang ingin memancing, pasti tetap berangkat mancing.

Sebenarnya musim hujan adalah saat yang tepat bagi pemancing untuk mendapatkan hasil tangkapan yang lebih baik. Saat musim hujan kolam/empang, sungai, rawa, yang sebelumnya banyak mengandung pencemaran akan mulai bersih akibat terbawa oleh air hujan menuju ke laut.

tips mancing saat hujan

Keadaan ini menjadikan kadar oksigen meningkat, sehingga ikan tidak berada pada permukaan air pada pagi hari, dimana biasanya tanaman air mengeluarkan gas CO2 pada malam hari dan berakhir setelah matahari terbit. Kondisi air yang baik menyebabkan ikan tidak naik kepermukaan untuk mencari oksigen. Hal ini akan dapat memberi keuntungan bagi pemancing, karena ikan yang dalam kondisi sehat akan memerlukan makanan untuk mencukupi asupan gizi yg digunakan untuk proses meningkatnya metabolisme bagi ikan yang sehat.

Satu hal lagi yang menjadi masalah untuk para pemancing jika hujan tiba. Pelampung yang kita gunakan tidak bekerja secara maksimal karena terus bergerak sehingga susah untuk mengetahui apakah umpan di makan ikan atau hanya karena terkena air hujan.

Untuk mengatasinya, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan tehnik mancing gelosor. Mancing glosor adalah mancing dengan tidak menggunakan pelampung. Untuk mengetahui apakah umpan di makan, kita tidak lagi memperhatikan pelampung, melainkan memperhatikan pergerakan kenur. Bisa juga ditambahkan klintingan (lonceng kecil) yang dipasang diujung joran, agar ketika umpan disambar, bunyi klintingan tersebut yang akan menjadi indikatornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *