Memilih Joran Untuk Mancing Galatama

joran untuk mancing kolam galatama

ZonaMancing – Joran adalah perlengkapan utama yang mutlak dimiliki pegalatama. Mancing galatama mengutamakan ketangkasan dan kecepatan dalam mengajar ikan. Semua itu baru akan didapat bila joran yang dipilih mempunyai  karakteristik fast taper yang hanya melengkung di sepertiga bagian ujung joran (tip action). Joran seperti ini bertipe medium/M (sedang), medium heavy/MH (sedang~berat) hingga heavy/H (berat). Panjang joran ideal sekitar 5’6″ ~ 6′ atau sekitar 168 ~ 180 cm, bila empang mancing galatama jarak antara lapak dan pertengahannya lumayan jauh maka disarankan memilih joran yang panjangnya 180 cm untuk mendapatkan lontaran yang jauh ke tengah empang mancing galatama secara akurat.

Joran yang nyaman tentunya adalah yang berjenis spinning rod, yang mendudukan reel spinning di bagian bawah joran. Untuk bahan minimal yang terbuat dari serat karbon untuk peningkatan dapat dipilih joran yang terbuat dari bahan campuran carbon graphite dan polyamide fibre, atau sekalian yang berbahan boron atau kevlar. Spesifikasi daripada joran biasanya tertulis jelas di batang pangkal joran untuk bergalatama ini seperti ukuran joran di atas tadi ditambah mengenai line weight (kelas kenur) antara 6 ~ 15 lb hingga 10 ~ 20 lb dan lure weight ( berat umpan ) tipe M 1/4~3/4 oz, MH 1/4~1 oz dan H 3/8~1 1/2 oz.

joran untuk mancing kolam galatama

Kriteria penting lainnya ketika mancing galatama yakni batang joran yang terdiri dari 1 batang (one piece) tanpa sambungan atau 2 batang (two pieces) satu sambungan, joran telescopic atau tipe antena tidak disarankan. Untuk jumlah marit (guides) atau jalur kenur pilih yang mempunyai minimal 5 marit agar beban terbagi rata semakin ringan pada batang joran atau sekalian memilih joran seri Interline dari Daiwa & seri Innerline dari Shimano, yang jalur kenurnya ada pada rongga batang joran sehingga pembagian beban dapat sempurna merata, kenur tidak mudah kusut dan tak cepat aus karena pergesekan kenur dengan jalurnya telah dapat diminimalkan.

Contoh joran seperti ini misalnya saja yaitu Daiwa® Procaster® Z Interline™ Rods. Sedangkan yang telah terbukti ketangguhannya yaitu Shimano Speed Master, sayang tak beredar lagi di pasaran, joran two pieces yang berciri gemuk di pangkalnya dan semua maritnya ada di bagian batang joran atasnya. Merek lain seperti ini yang dapat di temui yaitu Golden Fish tipe bantam atau Conato Black Moon. Yang berjenis konvesional yang tangguh dapat dipilih dari beberapa merek terkenal seperti Berkley IM7, Fenwick Iron
Claw, Daiwa, Shimano, All Star, G-Loomis dan lainnya, pilihlah yang dianggap ideal untuk mancing galatama dan sesuai kemampuan karena pilihan sepenuhnya pada keputusan pemancing itu sendiri. Sebagai bahan referensi dapat dilihat di Bass Pro Shop – Spinning Rods.

(pu).

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin View all posts by

4 Comments on "Memilih Joran Untuk Mancing Galatama"

  1. Sjachrial 12/11/2011 at 10:31 am - Reply

    sangat membantu untuk menikmati seni memancing dengan benar. terimakasih.

  2. Ary Saputra 26/04/2012 at 7:15 am - Reply

    Thanks Infonya Bro, sangat membantu kami yang pemula, walau emang sebenarnya semua keputusan ada di tangan pemancing, tapi piling tidak ada refernsinya, skali lage Thanks and salam strike

  3. giovani 29/05/2012 at 11:38 am - Reply

    numpang tanya dunk.,.
    saya biasa mancing galatama lele.,.
    saya pakai joran *abu gracia jenis turnament clasic*
    klo catrol saya pakai exori torpedo 3000
    benang saya pakai cmn benang nilon keluaran blod yg ukuran 0,30
    cuman kendala yg saya alami benang sering kusut di ujugn.,.

    untuk solusi nya apa ya.,.???

  4. anton 02/01/2013 at 5:30 am - Reply

    joran yang baik seperti apa

Leave A Response