Mancing Pinggiran Di Laut

ZONAMANCING.COM, - Mancing laut identik dengan menyewa kapal dan pergi ke tengah laut atau ke spot – spot yang terdapat banyak ikan. Namun mancing laut tidak melulu harus menyewa kapal dan pergi ke tengah, kita bisa mancing hanya cukup di pinggir saja. Selain tidak mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa kapal, mancing pinggiran mempunyai sensasi tersendiri. Ikan yang didapat pun tidak kalah dengan mancing ke tengah laut.

Mancing di pinggir laut memang punya keasyikan tersendiri. kalau mancing di pinggir laut dengan pakai pelampung secara umum tekniknya lebih mudah jika dibanding mancing dasaran. Teknik pakai pelampung ini digunakan pada permukaan laut yang dangkal untuk menghindari dari tersangkutnya kail dari karang di dasar laut dangkal.

Gunakan joran berukuran panjang lebih dari dua meter dan bahkan lebih agar bisa melempar umpan jauh ke tengah saat mancing dari pinggir laut atau di atas karang atau di atas perahu.

mancing laut

Pilih reel pancing yang mampung senar sepanjang 200 hingga 300 meter dengan senar berdiameter 4 lbs hingga 20 lbs (sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lokasi) sepanjang kira-kira 1 hingga 2 meter.

Berbagai macam umpan yang bisa digunakan untuk mancing berpelampung, mulai dari udang hidup/mati, ikan hidup/mati, cumi mati/potongan penuh bahkan hingga ikan mati/potongan. Lempar ikan ke tengah laut dan biarkan ikan mengambang terbawa arus (gunakan light stick pada saat mancing malam hari untuk mengetahui posisi pelampung).

Ulur umpan berpancing secukupnya dan stel drag ril dengan ukuran sangat ringan, hal tersebut dilakukan agar pada saat ikan menyambar umpan, ikan tidak curiga. Apabila umpan tadi disambar ikan, maka ril akan berderit kencang dan spol berputar dengan senar yang mengulur keluar.

Biarkan hal tersebut hingga ikan berhenti menarik untuk menelan umpan, barulah kemudian kencangkan setelan drag ukuran sedang untuk melakukan posisi strike. Nikmati perlawanan dan lumpuhkan ikan jangan sampai umpan dibawa lari ke karang atau objek pengganggu lainnya.

3 comments for “Mancing Pinggiran Di Laut

  1. Deni Hermawan
    06/10/2013 at 10:21 pm

    itu kan fotoku bang, waktu lagi mancing di pelabuhan Muncar, hahaha, baru nyadar aku.

    • admin
      07/10/2013 at 9:22 am

      O ya? Soalnya waktu itu saya cuma ngambil gambar orang sedang mancing waktu berkunjung ke pelabuhan Muncar.
      Akan kami hapus jika tidak berkenan bang :)

  2. Deni Hermawan
    08/10/2013 at 1:12 am

    gapapa bang,santai aja, selamat menikmati keindahan muncar, udah nyoba spot mancing di sebelah timur sembulung?? banyak ikan pelagis kecil yang siap dipancingi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *