Peluang Usaha Pemancingan Ikan Lele

pemancingan lele

ZonaMancing – Peluang usaha pemancingan ikan semakin lama semakin berkembang, banyak variasi dan kreatifitas di dalam mengemasnya. Jika sudah menjadi hobi apapun akan dilakukan demi menyalurkan hobi tersebut, termasuk hobi memancing. Namun kendala yang banyak dihadapi adalah lahan pemancingan alami berupa sungai, danau,dan lokasi pemancingan lainnya semakin susah diperoleh. Kondisi ini memberikan Peluang usaha Pemancingan ikan. Meski banyak jenis ikan yang bisa ditebar pada kolam pemancingan, namun ikan lele merupakan ikan yang tahan terhadap stress dan situasi sehingga pemancingan ikan lele bisa menjadi pilihan.

Model usaha pemancingan ikan , bisa dikombinasikan dengan rumah makan, tempat wisata keluarga dan sarana rekreasi melepas penat lainnya. Selain itu bisa dikombinasikan dengan berbagai macam lomba memancing bagi penghobi berat memancing.

Persiapan Usaha Pemancingan Ikan

Anda tertarik menekuni Peluang usaha pemancingan ikan lele? ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Yang pertama adalah kolam pemancingan. Kolam pemancingan ikan lele bisa bervariasi tergantung pada lahan yang tersedia, bisa 6x10m atau lebih. Luas lahan pemancingan akan berpengaruh pada kapasitas ikan dan pemancing yang ikut serta dalam satu waktu.

Hal lain yang perlu dipersiapkan dalam menekuni Peluang usaha pemancingan adalah ikan lele yang bisa diperoleh dari pedagang atau peternak langsung. Ukuran ikan lele untuk pemancingan biasanya 1 Kg berisi 3-4 ekor.

Model Usaha Pemancingan Ikan

Usaha pencingan ikan lele bisa dilakukan dengan beberapa model, misalnya saja dengan model dihitung hasil pancingan kemudian ditimbang dan membayar sesuai perolehan. Bisa juga dengan hitungan waktu dengan membayar sejumlah uang dan diberi kesempatan untuk memancing selama waktu tertentu.

Pada model pemancingan dengan sistem lomba, setiap peserta membayar pendaftaran dan memancing ikan yang ada di kolam. Pemancing yang mendapatkan jumlah terbesar menjadi pemenang. Hadiah utama diberikan kepada pemancing yang mendapatkan ikan maskot, ikan maskot adalah ikan dengan bobot terbesar.

Contoh analisa sederhana usaha pemancingan ikan lele adalah sebagai berikut:

  • Pemancing membayar Rp 14.000 untuk 1 Kg ikan lele yang ditebar di kolam, Ikan lele ini dibeli pemilik kolam pemancingan dari peternak/pedagang Rp.11.000
  • Hasil pancingan bisa dibawa pulang atau dibeli lagi oleh pemilik pancingan dengan harga Rp.10.000. Selanjutnya pemilik pemancingan bisa menjual lagi ke pedagang.

Dengan demikian keuntungan pemilik pemancingan sebenarnya adalah dari menjual ikan lele pada pemancing . Peluang usaha pemancingan Ikan memang memiliki model dan bentuknya tinggal kesepakatan antara pemancing dan pemilik pemancingan. Meski demikian peluang usaha ini cukup menguntungkan.

Usaha sampingan dari pemancingan ikan ini adalah usaha sewa pancing, jual beli alat pancing, jual beli umpan untuk memancing dan lain sebagainya. Hal ini akan memberi nilai tambah dan keuntungan usaha pemancingan anda. Selamat Mencoba.

(Galeriukm).

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin View all posts by

Leave A Response