Ikan Hampala

ZonaMancing - Ikan Hampala merupakan spesies ikan air tawar yang banyak hidup di perairan Indonesia. Ikan ini masuk dalam spesies Cyprinidae atau sejenis karper. Ikan ini memiliki karakter yang lincah dan bertenaga, sangat cocok untuk para pemancing yang ingin merasakan sensasi strike yang menantang.

Pada dasarnya, Ikan hampala ini memang luar biasa. Larinya yang kencang hanya sebagian dari ciri yang melekat pada dirinya yang bersosok gagah.

Dengan rahang yang sangat kuat, ikan bersisik besar-besar dengan noktah hitam di samping badannya ini mampu membengkokkan kail trebel ukuran cukup besar. Sekalipun ia tidak memiliki gigi, tetapi mulutnya yang lebar dikombinasikan dengan kekuatan rahang, mampu memangsa umpan yang cukup besar.

Inilah ikan hampala, yang oleh pemancing di Jawa biasanya disebut dengan nama palung atau tempalung. Ikan ini tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia hingga Malaysia. Dan menyenangkan untuk acara mancing di sungai.

Bukan hanya ciri fisiknya saja yang menarik untuk diungkapkan, tetapi gaya ikan ini menyantap umpan memang atraktif. Hampala seperti meteor ditembakkan dari orbitnya, menerjang umpan dan melahap dengan suara dentuman yang keras “byur” lalu melesat membawa umpan dan melumatnya dalam kecepatannya. Kail yang keras bisa menjadi lembek oleh kunyahannya.

Sebagai tambahan info, hampala atau palung di sungai kecil masih banyak. Jarang sekali orang yang berkonsentrasi khusus mancing hampala karena dikasih ikan hidup`pun jarang mau makan.

Nah untuk mancing dengan umpan minnow khusus hampala pun perlu percobaan. Minnow yang dibikin gerakannya genit seperti lenggak-lenggok ikan asli pun malah jarang strike.

(kp)

8 comments for “Ikan Hampala

  1. Tyo
    24/06/2012 at 12:30 pm

    Gan trus umpan jitu untuk ikan hampala/palung apaan…mslhnya dibelakang rumah sy bnyak ikan palung?tp ssh bgt strikena…
    Air sungainya diam gak mengalir,,trus warnanya hijau lumut bnyak ditumbuhin lumut2?
    Mohon bntuannya gan…umpan jitunya biar strike palung dibelakang rmh sy…
    Trimakasih gan…sy tunggu blsnnya secepatnya…

    • admin
      24/07/2012 at 6:10 am

      Untuk mancing palung biasanya menggunakan umpan hidup, seperti ikan2 kecil, udang yang masih hidup. Atau anda bisa juga coba casting dengan popper.

  2. Jony juniran
    24/07/2012 at 9:22 am

    caranya pake umpan hidup, cari ikan kecil seukuran jari kelingking juga boleh, kemudian lemparkan ke spot, usahakan anak ikannya jangan bergerak terlalu liar caranya bawa anak ikan ke darat biarkan sementara hingga lemas ( tapi jangan sampe mati ) kemudian lemparkan tepat ke spot hampala karena anak ikan sebagai umpan lemas maka anak ikan itu akan tenggelam. ke bawah tapi masih bisa bergerak, kemudian tunggu ikan hampala memakannya, biasanya butuh kesabaran untuk menunggu hampala memakan umpan….

    ……water make me think crazy…….

  3. Tyo
    10/08/2012 at 11:55 am

    Bantuan lage gan…
    Udah berbagai cara,,ttp ja g strike2?casting udh,umpan hidup udh…hueeefff…smpe stres q saking pingin na strike hampala?
    Untuk minnow/lure yg khusus/sring strike buat hampala bntuk na sperti apa gan?(warna,bsr/kcil) tlng ksh fotona?
    Mhn bntuan na agan2..
    Boleh bls lngsng ke email gpp?
    tyoooooo_1@ovi.com

  4. Kuning kunyit
    01/03/2013 at 2:05 pm

    klo susah di pancing ,,coba anda pakai jala,di jamin kena,,,!!

  5. Achmad Ramadhan
    18/04/2013 at 3:17 am

    Cara Memancing Ikan Sebayau (Hampala) Nelayan di daerah Kami biasa menggunakan 2 cara
    1. dengan TAJUR, Joran/bawi tradisional di beri umpan ikan hidup (ikan apa saja) yang dikaitkan dipunggung ikan, lalu dibiarkan mengambang di pinggiran permukaan air sungai sehingga ikan bergerak-gerak. nelayan di daerah kami biasanya memasang tajur sampai puluhan ditempat yang berbeda. cara penempatan tajur dipinggiran sungai yang airnya deras.
    2. dengan PANCINGAN, joran/bawi diberi umpan udang dan diberi timah, mancing di tempat yang airnya deras.

    kesimpulannya :
    kalau NAJUR, Kebiasaan Nelayan Tradisional Kami pakai umpan ikan hidup. Kalau Mancing pakai Udang.
    smoga bermanfaat

    • admin
      20/04/2013 at 12:21 pm

      Terima kasih atas tips nya, semoga bermanfaat bagi para pemancing sekalian.

  6. andie
    08/10/2013 at 7:36 pm

    Hampala ama jurung sama ga ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *