Alat Pancing : Joran

Alat Pancing : Joran – Joran Pancing merupakan alat pancing yang kini telah mengalami banyak perkembangan sesuai dengan fungsi dan kenyamanannya. Ada jenis yang panjang, pendek, tebal, tipis, ringan, dan berat.

Harga Joran pancing juga bervarariasi. Hal ini tidak menyurutkan para mancing mania untuk mencari joran pancing, sebab yang namanya hobi mancing itu pastilah akan selalu mencari joran yang nyaman buat dia.

Bahan joran pancing pun bermacam-macam. Ada joran pancing yang terbuat dari bambu. Sederhana kan? Bahan dari bambu mudah mencarinya di sekitar kita, mudah pula membuatnya. Karena bahan yang sangat mudah mencarinya, banyak orang yang memodifikasinya senyaman dia sendiri. Ada yang panjang sekali bisa 6 meteran. Atau mungkin cuman 1,5 meter.

joran pancing bambu

Bahan untuk joran pancing yang lain kini juga ada yang terbuat dari fiber, karbon. Ragam dari bahan joran pancing tentunya memiliki keunikan dan kelebihan tertentu. Bagi pemancing yang benar-benar sering memancing, tentunya bisa dirasakan keuletan dan kemanfaatan joran pancing ini. Kelenturan dari joran pancing pun sangat diperhatikan oleh para pemancing. Ini saya berikan sedikit keterangan tipe joran pancing berdasarkan keperluan kita:

Spesifikasi Joran Pancing

Untuk Laut dalam (menggunakan teknik jigging) : panjang ideal 160-180 cm. (untuk popping) panjang 210cm-250 cm. Trolling panjang sekitar 190cm-210cm. Joran pancing untuk laut haruslah ringan dan kuat. Kekuatan beban minimal di atas 5 kg. Berat joran pancing adalah di atas 300 gram agar anda tidak terlalu capai dalam memegang joran anda.

Surf Rock Fishing (memancing di tebing) atau pantai. Panjangnya minimal 3 meter. Sifat joran adalah sama juga namun berbeda tempat, yakni ringan, kuat, dan kaku. Sebab digunakan untuk melontarkan kail pancing agar bisa terlempar jauh.

Joran pancing untuk kolam. Ringan, berbahan karbon, panjangnya minimal 120 cm – 180 cm. Maksimum untuk beban 7-8 kg.

Joran pancing sungai. Lebih panjang dari kolam, yakni 160 cm – 210 cm. Sangat dibutuhkan joran yang lentur. Sebab ikannya tidak terlalu besar seperti di laut, dan ikannya pun tidak terlalu melawan.

Anda bisa membaca artikel saya yang lain mengenai pentingnya kail pancing dan umpan mancing.

(http://www.kailpancing.com/tag/joran-pancing-untuk-kolam).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *