Jenis – Jenis Ril Pancing

ril-flyfishing

ZonaMancing – Ril pancing merupakan piranti pancing yang sudah umum digunakan oleh para pemancing. Piranti ini selain berguna  untuk menggulung senar, juga memudahkan kita untuk melempar umpan lebih jauh, dan menariknya kembali dengan mudah. Ril pancing juga memudahkan kita saat terjadi fight dengan ikan besar dan di perairan dalam.

Pada dasarnya ada empat jenis ril pancing yang sering kita temui, yaitu :

Ril Spincasting

Ril jenis ini sangat ideal untuk pemancing pemula, karena penggunaanya yang relatif mudah. Ril jenis ini biasanya digunakan untuk memancing ikan yang tidak terlalu besar. Ril ini memerlukan joran khusus spincasting yang memiliki guide line / pengatur senar diatas. Karena pemasangan ril ini juga berada diatas joran. Untuk menggunakan ril ini sangat mudah, di atas ril ini terdapat tombol, jadi ketika kita akan melempar umpan ke tengah perairan tombol itu ditekan, sehingga senar akan keluar pada saat kita melempar.

Ril Spinning

Ril Spinning atau Spinning Reel adalah ril yang biasa kita jumpai dan biasa digunakan oleh para pemancing pada umumnya. Ril ini juga sering di sebut ril open-face karena tidak ada penutup pada gulungan senar. Ril ini biasanya dipasang dibawah pegangan joran. Untuk menggunakan ril ini pertama kita buka dulu pengalaman gulungan / bail , setelah itu gunakan jari telunjuk untuk menahan senar sebelum melakukan lemparan. Setelah umpan dilempar, lepaskan jari telunjuk dan kembalikan pengaman ke posisi semula. Ril ini mungkin agak sulit digunakan bagi pemancing pemula.

Ril Baitcasting

Ril ini biasanya digunakan oleh para pemancing pro, karena ril ini memerlukan kontrol yang baik saat kita melempar umpan. Jika tidak, akan membuat senar kusut. Tidak semua pemancing memiliki kemapuan untuk mengontrol ril baitcasting ini, sehingga hanya pemancing pro saja yang sering menggunakan ril jenis ini.

Ril Flyfishing

Ril ini jarang kita jumpai di negara kita, karena teknik fly fishing jarang digunakan disini. Ril ini lebih banyak berfungsi hanya untuk menggulung senar saja. Karena teknik fly fishing adalah teknik memancing dengan menggunakan umpan yang sangat ringan, perlu keahlian khusus untuk melakukan teknik ini.

(berbagai sumber).

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin View all posts by

One Comment on "Jenis – Jenis Ril Pancing"

  1. arief 22/09/2013 at 4:11 pm - Reply

    mw nanya reel jenis overhead ky pa y…?thanks jwabnx

Leave A Response