Sistem Mancing Di Kolam Pemancingan

kolam pemancingan

ZONAMANCING.COM, - Akhir – akhir ini olah raga mancing semakin digemari di Indonesia. Semakin hari semakin banyak orang pergi ke tempat pemancingan untuk sekedar menyalurkan hobi atau hanya sekedar rekreasi. Hal ini memicu semakin banyaknya kolam pemancingan baru yang dikemas sedemikan rupa untuk para penggemar mancing. Para penghobi pun tentunya sangat terbantu dengan adanya kolam-kolam pemancingan ini. Bagaimana tidak, jarak tempuh yang relative dekat, biaya yang relative murah, kenyamanan tempat dan kepastian mendapatkan sensasi tarikan ikan tentunya menjadi sebuah daya tarik yang tidak bisa ditolak.

Saat ini memancing dikolam (khususnya di Indonesia) terbagi menjadi beberapa jenis. Tentunya jenis-jenis ini akan terus bertambah seiring kebutuhan pemancing kedepannya. Berikut beberapa jenis game mancing di kolam yang saat ini cukup popular di Indonesia.

kolam pemancingan

Kolam Pancing Harian
Kolam Pancing Harian merupakan tempat mancing Ikan Mas atau ikan tawar lainnya yang dapat dikunjungi sewaktu-waktu oleh pemancing. Pada kolam pancing harian ini, pemancing dapat langsung menempati lapak yang ada. Pemancing akan dikenakan biaya yang jumlahnya sesuai ketentuan yang diterapkan oleh pemilik kolam pancing. Biaya tersebut adalah seharga ikan yang diturunkan perpemancing.

Mancing harian dimulai pagi hari dan berakhir menjelang malam, buka setiap hari dan umumnya ramai di hari Sabtu dan Minggu. Beberapa lokasi pemancingan ada yang buka hanya malam hari dan bahkan ada juga yang buka 24 jam. Meng-konter Perlawanan Ikan Di kolam harian, mereka yang baru menggemari mancing kolam dapat memperdalam pengalaman mancing dan mempelajari teknik-teknik mancing dari pemancing lain dengan memperhatikan atau bertanya. Jangan segan menyapa sesama pemancing dan bertanya, biasanya dengan senang hati mereka akan balik menyapa.

Kolam Pancing Kiloan
Kolam Pancing Kiloan menerapkan sistim bayar berdasarkan berat timbangan perolehan ikan. Di kolam ini pengelola umumnya menebar banyak ikan, selain ikan mas, isi ikan dapat beragam atau dicampur jenis ikan air tawar lain seperti Mujair, Nila, Patin, Bawal Paku, Gurame dan Lele. Banyaknya tebaran ikan dimaksudkan untuk memanjakan pemancing agar lebih mudah mendapat sambaran. Kolam Pancing Kiloan ini menjadi tempat ideal bagi pemula untuk mengenal teknik dasar mancing. Sekedar tips untuk pemancing yang telah berpengalaman, gunakan alat pancing ringan (light tackle) kelas kenur 1 kg, 2 kg atau 3 kg dan cobalah untuk melatih ketrampilan mengkonter perlawanan (fight) ikan. Pengalaman ini dapat mengasah ketrampilan dan menjadi bekal pengalaman pemancing pada umumnya.

Empang Borongan
Selain kolam kiloan dan harian, penggemar mancing kolam juga mengenal Empang Borongan. Empang Borongan sebenarnya adalah empang milik petani ikan dimana empang tersebut awalnya ditebar benih ikan. Ikan yang diisikan kemudian dibesarkan dan setelah ikannya mencapai ukuran konsumsi kemudian ditawarkan kepada pemancing atau grup pemancing dengan harapan ikan akan dibeli sesuai harga pasar. Tentu ini lebih menguntungkan bagi petani ikan daripada menjualnya ke pengumpul ikan yang akan menawar berdasarkan harga beli kulakan.

Setelah terjadi kesepakatan harga borongan barulah pemancing dapat memancing di empang tersebut. Kebanyakan empang yang ditawarkan adalah empang yang tebarannya ikannya telah melampaui ukuran konsumsi. Sehingga akan lebih cocok ditawarkan ke pengelola pemancingan atau diborongkan ke pemancing. Namun ada pula empang borongan yang sengaja dibuat oleh pemilik empang dengan mengisikan ikan yang telah berukuran ideal untuk dipancing kemudian ditawarkan untuk diborongkan. Dalam hal ini pemancing harus jeli dalam melihat isi ikan yang ditebarkan dan pandai menawar harga yang ditawarkan pemilik empang. Biasanya pemilik empang mendapat keuntungan dari selisih harga beli dan keuntungan dari sisa ikan yang tidak terpancing.

Kolam Pancing Lomba
Kolam Pancing Lomba adalah kolam pancing yang digunakan untuk lomba mancing Ikan Mas, ada juga untuk lomba mancing Lele. Kolam pancing Lomba umumnya Kolam Pancing Harian yang diterapkan sistim lomba pada hari-hari tertentu, biasanya Sabtu dan Minggu. Atau juga memang dibuat khusus untuk lomba saja. Di sini pemancing akan mengadu ketrampilan, pengalaman dan peruntungannya dalam berkompetisi dengan peserta lain untuk menjuarai lomba mancing. Pada sistim lomba ketrampilan membuat umpan, menentukan titik lontaran (hotspot) dan membangun hotspot menjadi tempat yang potensial akan sangat berperan memperbesar kesempatan menjuarai lomba. Panitia penyelenggara lomba mancing Ikan Mas, bisa saja menebarkan ikan terlebih dahulu sebelum lomba tapi ada pula yang menebarkan ikannya pada saat lomba berjalan. Selain menebarkan ikan cukup banyak, pihak penyelenggara lomba mancing juga menyediakan sejumlah hadiah-hadiah bagi pemenang lomba.

Kriteria pemenang ditentukan berdasarkan perolehan terberat perekor (biasa disebut Ikan Super atau Babon) dan pencatatan waktu perolehan yang lebih dulu didapat, atau sering disebut terberat tercepat. Kolam Pancing Lomba Ikan Mas Lomba umumnya diadakan pada hari Minggu, dimulai pagi hari dan berakhir di sore hari. Besarnya tiket untuk menjadi peserta lomba tergantung dari jumlah total ikan yang ditebar, jumlah total hadiah dan perkiraan jumlah peserta. Pada akhir lomba ditentukan peringkat nominasi juara I, II, III dan seterusnya. Untuk menarik minat peserta lomba memancing, selain hadiah utama tadi umumnya pihak penyelenggara menyediakan pula hadiah hiburan (biasa disebut ikan pita). Hadiah hiburan ini kriterianya bisa saja berbeda di setiap lokasi pemancing, biasanta adalah ikan diberi tanda dengan tali rafia dan pemancing yang berhasil mengangkatnya berhak mendapat hadiah hiburan.

Kolam Pancing Galatama
Kolam Pancing Galatamaadalah kolam pancing lomba dengan sistim galatama. Sistim mancing galatama lebih menerapkan unsur turnamen mancing, dimana ada aturan-aturan yang diterapkan seperti lama waktu mancing, batasan penggunaan sistim rangkai pancing, dan jenis bahan umpan yang diperbolehkan. Berbeda dengan sistim mancing yang telah disebut diatas, pada sistim galatama hasil ikan perolehan tidak dibawa pulang. Jumlah ikan yang ditebar di empang galatama sangat banyak sekali, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar mancing galatama, dimana semakin besar empang dengan tebaran ikan yang melimpah akan membuat semakin banyak pemancing tertarik untuk bergalatama di empang tersebut.

Kolam Pancing Galatama Ikan Mas Penyelenggaraan mancing galatama bisa dilakukan setiap hari. Batasan waktu pada mancing galatama disebut ronde atau sesi, yang lamanya diatur panitia, antara 1 hingga 4 jam. Ada juga sesi khusus seperti paket dan turnamen galatama yang jangka waktu lombanya antara 3 hingga 8 jam. Mancing sistim galatama ini bersifat lomba karena ada juara-juara dan pembagian hadiah di akhir waktu mancing. Untuk hadiah umumnya berupa uang, yang jumlahnya tergantung dari jumlah peserta. Hadiah yang disediakan adalah hasil uang yang terkumpul dari tiket setelah dikurangi oleh bagian yang menjadi hak panitia. Kriteria pemenang ditentukan sesuai kesepakatan bersama antara pemancing atau ditentukan sendiri oleh pemilik kolam pancing galatama. Kriteria juara meliputi juara ikan terberat tercepat, juara ikan merah, juara total berat perolehan ikan dan juara total perolehan jumlah satuan ikan.

(Sumber: duraflex-fishing.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin View all posts by

Leave A Response