Sensasi Unik Mancing Wader

ZonaMancing – Wader merupakan jenis ikan berukuran kecil yang banyak kita temui di perairan air tawar, seperti danau, sungai, selokan, dan bahkan disawah yang berair jernih. Wader dikenal juga dengan nama Lunjar Padi (Rasbora argyrotaenia), lunjar andong (Jawa), cecereh, ikan cere (Betawi), paray (Sunda) dan lain – lain.

Meskipun ikan ini berukuran kecil tetapi banyak pemancing yang memancing ikan ini karena mempunyai sensasi tersendiri. Di Jogja ikan wader yang banyak di temui di sungai – sungai adalah wader cakul, wader kepek, dan wader pari. Mancing wader tidaklah susah, ikan wader biasa bergerombol dan tergolong ikan yang rakus. Sehingga dimana disitu ada gerombolan ikan wader maka ketika kita lempar umpan pasti akan langsung disantap.

mancing wader

Ukuran kail untuk mancing wader sangat kecil, kita bisa menggunakan ukuran 0,05mm – 0,08 mm. Lebih dari itu akan susah untuk mendapatkan ikan wader, mengingat ukuran wader yang juga kecil. Untuk senar menggunakan ukuran 0,1mm atau 0,2 mm agar wader tidak mudah curiga. Untuk mancing wader lebih mudah menggunakan pelampung karena selain untuk indikator bila umpan disambar, juga agar umpan bisa mengapung.

Gunakan joran yang super lentur agar bisa menikmati sensasi tarikan wader, kalau menggunakan joran tegeg, ketika terjadi strike kita tidak akan merasakan sensasinya karena ikan akan langsung terlempar ke daratan hanya dengan satu hentakan saja. Umpan untuk mancing wader juga sangat sederhana, bisa menggunakan cacing, pelet, belatung, laron dedak, dan lain – lain.

Untuk rangkaina matai kail nya bisa henaya menggunakan 1 mata kail saja, atau bisa juga menggunakan rangkaian ombyok yang terdiri dari 9 mata kail atau sesuai selera pemancing. Karena mata kail yang kecil, sehingga membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam tali temali untuk memasang mata kail maupun umpan yang juga sangat kecil. Tetapi justru disinilah uniknya mancing wader.

Selamat mencoba, dan rasakanĀ  sensasi uniknya mancing wader!

(Berbagai Sumber).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *