Sidat Mempunyai Nilai Ekonomis Tinggi

Mancing Moa / Sidat / Pelus –┬áSidat sering disebut Moa atau belut bertelinga. Ikan ini sangat mirip dengan belut, tetapi dia mempunyai telinga dan mempunyai senjata ampuh dengan lendir disekujur tubuhnya yang begitu licin yang akan begitu menyusahkan bila akan ditangkap walaupun itu sudah terkena kail. Tangkap ikan itu menggunakan kain, maka dia akan tertangkap dengan mudahnya. Itupun masih dapat ditoleransi bila ukurannya tergolong kecil antara 1-2 kg.

Ikan ini mempunyai daging yang cukup enak, ikan ini mempunyai kemiripan dengan belut, tidak mempunyai duri sehingga akan memudahkan ketika dikonsumsi. Ikan ini banyak terdapat di sungai-sungai atau muara yang mengarah ke laut selatan.

Saat ini sidat menjadi komoditas yang cukup menarik perhatian dunia terutama negara Jepang. Para peternak sidat di Indonesia saat ini sampai kualahan untuk memenuhi permintaan daging sidat untuk ekspor ke luar negeri.

mancing sidat moa pelus

Beberapa nama lain dari moa :

  • Lumbon adalah ikan sidat yang berukuran kecil.
  • Sidat adalah ikan sidat yang berukuran sedang atau besar
  • Pelus adalah ikan sidat yang berukuran super besar 20 kg lebih.
Sebutan untuk di beberapa wilayah lain mungkin berbeda untuk ikan jenis ini. Susahnya memburu sidat di alam liar, membuat salah satu komunitas mancing sidat di Jogja sering mengadakan lomba mancing sidat dengan berbagai hadiah menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *