Mancing Belut Sawah

ZonaMancing – Memancing belut disawah sekarang ini mungkin sudah jarang ditemui karena arus globalisasi yang sangat deras. Sehingga populasi belut sawah pun semakin berkurang karena ekosistem yang berubah dari persawahan menjadi perumahan. Tapi di beberapa tempat masih kita jumpai para pemancing belut.

Habitat belut berada dilumpur, sehingga kita hanya bisa memancing ketika sawah dialiri air atau ketika sawah di tanami padi. Ciri – ciri lubang belut berbentuk bulat dan berisi air. Yang perlu kita perhatikan adalah air didalam lubang tersebut, jika air didalam lubang tersebut naik turun, kemungkina besar distu ada belutnya.

mancing belut sawah

Untuk piranti pancingnya sangat sederhana, cukut dengan menggunakan kenur atau senar yang dipilin sehingga agak kaku agar mudah dimasukkan ke dalam lubang belut dan tentunya mata kail yang kuat. Selain lebih mudah memasukkan ke dalam lubang, tujuan kenur / senar dipilin adalah untuk mencegah senar putus, karena tarikan belut sangat kuat.

Umpan untuk memancing belut juga tidak sulit, cukup menggunakan cacing atai umpan hiduo lainya, karena belut adalah hewan karnivora dan merupakan predator sejati.

Sumber :

http://yukmancing.blogspot.com/2009/09/trik-mancing-belut.html

http://pemancing.com/belut

2 comments for “Mancing Belut Sawah

  1. 18/02/2012 at 11:19 am

    gampang terlihatnya tp sekalipun belum pernah dapat yg namanya mancing belut ,hampir putus asa

    • admin
      19/02/2012 at 7:49 am

      betul, selain harus tetap bersabar, juga harus jeli mencari lubang belut.

      salam mancing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *