Mancing Bawal Di Kolam Harian


ZonaMancing - Ikan bawal merupakan predator air tawar yang mempunyai sensasi strike yang lumayan menantang. Sambaran ikan ini mampu membuat joran melengkung dan memberikan perlawanan yang sengit. Ikan ini mempunyai gigi yang tajam, jadi ketika terjadi strike kita harus cepat – cepat mengangkat ikan ini ke daratan agar senar pancing tidak putus terkekan gigitan ikan ini.

Mancing bawal di kolam harian memerlukan strategi khusus agar bisa mendapatkan banyak ikan. Strategi yang pertama adalah ketahui dulu lokasi kolam harian yang akan kita pancing. Sebelum kita ikut mancing bawal di kolam harian tersebut, ada baiknya kita melakukan survey terlebih dahulu, survey terdiri dari lapak yang akan kita tempati dan umpan yang akan kita pakai. Lapak harus kita amati apakah disitu menjadi tempat berkumpulnya ikan bawal atau tempat dimana ikan bawal diturunkan. Untuk menentukan umpan, kita bisa melihat pemancing lain disitu yang sering ngangkat bawal, kita pakai aja umpan yang sama.

mancing bawal di kolam harian

Strategi yang lain yang tidak kalah penting adalah datang pagi – pagi ke kolam mancing bawal harian. Pada pagi hari bawal masih sangat rakus untuk mencari makan, sehingga pakai umpan apa saja akan segera disambar. Pengalaman mancing bawal di kolam harian, ikan sama sekali tidak mau makan umpan ketika hari sudah siang. Selain sudah tidak nafsu makan, ikan – ikan yang ada di kolam sudah diangkat para pemancing yang lain.

Kalau sudah begini yang perlu kita lakukan adalah lebih konsen lagi pada pergerakan air dimana menandakan ikan bawal berada. Gerakan sekecil apapun yang terjadi pada pelapung kita harus direspon secepat mungkin, karena pada posisi ini kita tidak lagi mengharapakan bawal memakan umpan kita, tetapi berharap ikan bawal tersambar oleh hentakan kail yang  kita lakukan.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin View all posts by

4 Comments on "Mancing Bawal Di Kolam Harian"

  1. padli hanz 09/02/2012 at 1:12 am - Reply

    umpan jitu yg paling tokcer klo dtempt sàya kalsel biasa rata2 pake cacing tanah yg dagingx agak kuat ga mudah putus setiap brngkt saya biasa dpt naik 14-19ekor tiap show
    ¤met nyoba bro..&salam mancing

  2. janggi bawel 28/07/2013 at 8:56 am - Reply

    umpan bawal g bz d pastikan bro, d tempat saya air kolam harian mengalir. umpan yg sering saya bawa pelet kuning, entung, sm cacing wonosobo bro. k3 umpan slalu sy cb,mn yg d makan nah itu umpan pd hari itu. tp klo pas ikanya susah makan cari aja umpan yg langka d pke.misale kicot, ulat hongkong/jerman, telor puyuh, sengkulun kadang jg mau. selamat mencoba aja bro….

  3. NIKEN 27/09/2013 at 12:07 pm - Reply

    kalo menurut saya umpan bawal adalah, 1, bikin rakitan yg 5 mata kail. 2, kaitkan kepompong kekail anda bagian atas. 3. kail di bawah pake ulat jerman. 4. kail bawahnya lagi cacing merah. 5. Kail yg empat ulat jerman lg. 6. Kail yg kelima pake cacing merah. Atur setoper pelampung anda, agar jarak pelampung & umpan yg paling atas tidak terlalu jauh. Kira” 1 jengakal saja… Semoga saxes.. Tp jk tips itu tidak jg berhasil…. Anda harus sadar diri.. Berarti anda tidak ada hokky dlm memancing…

  4. Berbagi Tips Trik dan Info Mancing 03/07/2014 at 1:55 am - Reply

    Bener banget tu Gan. Buat nambah aja tentang Mancing Bawal Di Kolam Harian, bisa kunjung ke ht*tp://infopancing-memancing.blogspot.com/2014/06/tips-jitu-mancing-ikan-bawal-di-kolam.html

Leave A Response