Lokasi / Spot Mancing Karang Di Jogja

ZonaMancing – Lokasi Spot Mancing Jogjakarta - Pantai selatan Jogja telah banyak dikenal oleh para pemancing mania sebagai tempat memancing yang cukup menjanjikan. Salah satu teknik mancing yang biasa digunakan adalah rock fishing atau mancing karang. Berikut beberapa lokasi / spot mancing karang favorit di Jogja yang biasa dikunjung oleh para pemancing mania.

mancing karang

Spot Mah Bang

Spot Mah Bang merupakan spot yang di bilang istimewa juga , karena kedalaman yang cukup dalam sekitaran 60 meter dari permukaan air laut , Mah Bang merupakan target bagi para pemancing , kerena di spot ini sangat lah sering ikan ikan besar naik , dan spot ini juga merupakan spot yang banyak ikan panjo atau ( Cendro ) pada musim musim penghujan ,dengan teknik mancing menggunakan pelampung dengan umpan teri . Spot yang cukup melelahkan ini terletak di kawasan Gunung Kidul sebelah timur Obyek Wisata Wedi Ombo . Perjalanan kurang lebihnya 1 jam untuk di di tempuh dengan berjalan kaki , serta menelusuri sawah , hutan dan peggunungna , pemandangan yang sungguh luar biasa membuat kita semakin bersemangat untuk memancing di spot ini . dan jika anda menginginkan mancing di lokasi spot tersebut , anda bisa bertanya kepada Bapak PUR atau pak SAKIMAN yang bisa mengantar anda pergi ke spot tersebut . Dan biasanya mereka juga sebagai Kedi mancing dan Porter , untuk membawakan semua perlengkapan mancing .

Spot Becici

Spot yang satu ini penuh dengan tantangan yang cukup melelahkan , karena dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam dari pemberhentian terakhir , dengan berjalan kaki menelusuri tebing yang cukup curam sekali kurang lebihnya sedalam 200 meter , hingga lokasi spot yang kita tuju .

Becici meskipun dengan medan yang melelahkan dan perjalanan yang sangat membawa resiko tinggi , tapi banyak juga orang bepergian kesana untuk memancing , meskipun taruhannya nyawa … hehehe , dasar pemancing jogja sangat GILA .
Becici dengan lokasi ndak jauh dari jogja yang letaknya di sebelah timur Pantai Parangtritis , dengan lokasi yang sangat pendek , 3 meter dari atas permukaan laut , tapi tempat ini aman jika kondisi airpun rusak atau kasar .
Spot yang potensial sekali untuk mancing dasaran, dengan ikan yang masih banyak dan besar besar . dan anda bisa mancing juga dengan teknik Casting.
Spot mancing yang super extrim menurut saya . dan jangan mencoba kalau fisik anda belum siap untuk berjalan jauh dan menuruni tebing yang tinggi hingga ratusan meter , karena kaki bisa gemetar kalau belum terbiasa . tes fisik bisa teruji kalau hal tersebut sudah menuruni spot BECICI . dan kalau anda beperbegian kesana janganlah terlalu sore , karena jalan yang kita injak waktu menuruni tebing tak kan terlihat oleh kita , karena denagan sudut kemiringan tebing hingga lebih dari 80 derajat , untuk itu himbauan dari saya kalau bisa janganlah memancing kesana karena disamping medan yang berat , juga penuh dengan resiko yang mana bisa membawa nyawa kita melayang …. serem kan ? nah itulah spot dari BECICI yang letaknya di sebelah timur Parangtritis Dan tepatnya lagi di sebelah timur Guwo Langse.

Spot Gareng

Spot yang satu ini sering sekali ikan besar naik juga , meskipun kedalaman air yang tidak begitu dalam sekitara max 15 meter , sehingga tempat yang kurang dalam dengan ketinggian tebing yang lumayan cukup tinggi kurang lebih 20 meter , sehingga jarang sekali para angler jogja datang kesana untuk memancing . Dan di balik misteri tersebut kalau pas musim seperti sekarang ini di bulan bulan november justru banyak ikan GT yang ukuranya besar – besar . Dengan jalan kaki yang tidak begitu jauh , 15 menitan di tempuh dengan berjalan kaki dan menelusuri di bibir pantai serta pegunungan yang sangatlah indah pemandangannya .

Spot Gareng yang selama ini penuh misteri …. !

Kalau dari teman temanku semua yang ingin mencoba memancing disana , sekarang bagi yang mengunakan mobil terutama ada sedikit tarikan untuk retribusi masuk dengan biaya Rp 5000 per mobil . Hal tersebut untuk beaya perawatan dan pembangunan jalan di daerah pedesaan di sana .

selamat mencoba semoga sukses selalu .

Spot mancing di Sodan

Salah satu spot mancing yang berada di tengah tengah antara Pulau Kalong dan Dengkang ,… spot ini jarang sekali di kunjungi para mania jogja …. ada sih yang kesana , tapi jarang .
Padahal bagi teman teman yang senang berburu kakap merah kecil kecil dan ikan krapu kecil kecil , disana gudangnya . Disamping kerena jarang di pancingin , dan sebenarnya lokasi spot ini merupakan spot yang paling ideal untuk Casting ( lempar tarik dengan jenis umpan umpanan )
kaya mino, lur cumi , rapala , dan metal jig yang tidak terlalu besar , dengan cara casting .
Sodan sangatlah hebat juga kalau pas musim ikan Jolong atau panjo , sebagai alternatif kalau di sinden dan dengkeng penuh dengan pemancing .
dengan tempat yang lumayan enak … dan ketinggian tebing yang tidak terlalu tinggi , serta kedalaman air yang cukup .. sehingga sering juga ikan GT naik disana dengan cara Casting .

Spot Sinden
Salah satu spot yang ada di sebelah timur pulau kalong ini merupakan spot yang luar biasa juga , karena spot ini menjadikan spot kenangan rekor jogja , dengan ikan krapu sekitaran 40 kilo pernah HOOK UP disini …sekitaran tahun 2000 an . Dengan teman teman dari rombongan medari sleman . Memang spot ini juga menjadikan spot idola kalau pas musim ikan JOLONG atau ikan Panjo .

Dengan struktur tebing yang menjorok kelaut , dengan kedalaman yang tidak begitu dalam serta Spot ini banyak di penuhi ikan ikan kecil … seperti kakap merah , tragger fish , dan Jolong … juga ikan baronang banyak sekali anda jumpai disana .

Bagi anda yang suka memancing ikan jolong , lebih efektifnya memancing di pagi hari .. dan sore hari , sedangkan umpan yang sering dipergunakan adalah ikan teri , atau ikan blanak yang berukuran kecil , dengan menggunakan monofilament yang berukuran mak 0.30 , dan berpelampung . Di usahakan pelampung janganlah terlalu besar , dan di usahakan pula sekecil mungkin asal umpan tetap mengapung.

Dengan kedalaman mak 1,5 meter dari pelampung ke mata kail , hook yang di pergunakan ukuran kecil sekitaran no 10 , dan bermata kail 1 .

Bagi anda yang ingin sensasi tarikan ikan JOLONG ( Panjo ) sinden solusi yang terbaik , dan biasanya musim bagus pada musim penghujan … dan arah angin sudah mulai ke timur .

Kalau kita berjalan diatas batu yang satu ini kita harus perlu ektra hati hati dan di samping untuk melatih keseimbangan kita . apabila kita terpeleset sedikitpun kita bisa terluka dan daging kita bisa terkoyak , karena bebatuan karang yang sangatlah tajam .

Tatang …. penyebrangan di pulau kalong … dengan beberapa utas tali plastick , dan kami menghimbau kalau ada yang ingin mencoba kesana , apalagi dalam penyebrangan di atas tali , kita harus konsentrasi dan tali yang kita pegang tidak boleh terlepas … hal yang seperti saya ini sangat membahayakan nyawa anda .

Spot Pulau Kalong

Salah satu spot yang super luar biasa di banding dengan spot yang lainnya ,.. hal ini knapa ?

Pulau Kalong memang sepot untuk memancing yang sangatlah istimewa di karenakan dengan kondisi tebing yang sangat menjorok ke selatan di bandingkan dengan tebing yang ada di pulau jawa … sehingga kalau kita memancing disana suasana kaya mancing di tengah laut yang jauh dari daratan .. di samping kedalaman air yang berfareasi ,… pulau kalaong menjadikan tempat yang sangat cocok untuk memancing dengan tecnik dasaran ( bottom ) dan juga mengambang ( konceran pakai umpan tongkol utuh dan ikan gembung ) juga sangat bagus untuk jenis tecnik ( casting ) dengan target sasaran ikan GT dan ikan kacanngan .

Tapi kalau anda memancing kesana harus mempersiapkan fisik yang prima karena Pulau Kalong sangatlah bermedan yang super extrim., kenapa saya bilang super Extrim ?

disamping karakter tebing yang berlubang lubang dengan batu karang yang tajam sehingga kalau kita jatuh sedikitpun kita akan bisa cedera. Perjalanan yang sangat melelahkan , di tempuh sekitar 1 jam untuk menuju ke spot yang akan kita tuju. Dan masih harus kita menyebrangi dari papan kayu dan beberapa utas tali plastik sepanjang 35 meter di atas air laut . Untuk itu memerlukan persiapan yang extra hati hati , dan di usahakan kalau pergi kesana jangan sampai terlalu kesorean atau kemalaman. Medan yang susah bisa menjadikan hal yang tidak kita inginkan .

Pulau Kalong yang letaknya di sekitaran Pantai Wedi Ombo dengan pemandangan yang super luar biasa dan ikan yang masih banyak, juga perjalanan yang sangat melelahkan .

Para mania jogja dan sekitarnya memang mengakui kalau spot yang satu ini memang mantab. Apabila anda ingin berpergian kesana untuk memancing , anda bisa menghubungi oleh bapak Singkrih , dimana beliau orang yang pertama yang membuat jembatan ke pulau kalong , meskipun di bantu oleh beberapa teman penduduk disana. Beliau bisa juga menjadi porter kalau kita memancing di pulau kalong .

Persiapan fisik yang di utamakan dan mental , karena kalau kita memancing di sana kita bisa uji nyali kita , karena harus menyebrangi laut mengunakan tampar dan papan kayu. Buktikan kalau anda ingin memancing disana. Dan yang penting lagi spot pulau kalong tidak bisa untuk memancing orang banyak kerena tempat yang tidak begitu besar. Selamat mencoba dan selamat berjuang . Salam dari JFC

Spot Dengkeng

Dengkeng adalah spot yang sangat baik untuk mancing dari atas tebing , bagi anda yang suka jalan jauh untuk olah raga memancing dan haking …. Dengkeng solusinya , karena perjalanan yang cukup melelahkan dengan berjalan kaki sekitar hampir 1 jam . Dengkeng salah satunya spot mancing yang sangat cocok sekali untuk mancing dasaran , dan karakter tebing yang berteluk besar sehingga juga banyak sasaran monster ikan besar , seperti ikan barakuda dan GTdan ikan kampur .

Spot yang bagus ini sering sekali bisa mendapatkan hasil tangkapan bagi mereka yang memancing ke sana .

Lokasi yang tinggi , hingga 30 meter ini sangatlah mengasikkan jika kita pergi kesana , dengan pemandangan yang super luar biasa serta ikan yang masih banyak . Musim ikan tapi sebaiknya kalau pas bulan bulan desember dan terakhir pada bulan mei .

Dengkeng salah satu tempet spot baracuda yang no 1 dari Gesirat . Dengan ketinggian yang cukup dan kedalaman air yang cukup dalam juga , sekitar kurang lebih 30 meter hingga 25 meter ini , sehingga bisa membuat ikan krasan untuk singgah kesana . Dan jika anda bepergian kesana bisa pakai porter pak Sakiman , pur , singkrih … atau yang lainnya .

Spot Dermaga Sadeng

Dermaga Sadeng adalah salah satu dermaga yang ada di jawa tengah . Dan letaknya lumayan jauh dari kota jogjakarta , kurang lebihnya sekitar 95 kilo arah ketimur dari jogja , dermaga ini merupakan spot mancing, yang potensial sekali untuk memancing ikan baronang dan ikan belanak , dan juga kalau anda suka castingan , tempat inilah yang paling ideal untuk memancing dengan teknik casting , ( sasaran target ikan GT ) . Di samping tempat yang pendek juga spot yang sangat mengasikkan . Akses jalan yang mudah dan bisa sampai di tempat dengan kendaran mobil , serta kita tidak kesulitan untuk mencari logistik jika anda memancing di sana .

Sadeng merupakan tempat translite kapal besar, dan jika dari temen temen semua ingin memancing ke rumpon, Sadeng solosinya . Sewa kapal yang tidak begitu mahal , dan kita bisa rame rame memancing ke rumpon dengan target ikan TUNA.

Musim ikan tuna biasanya di mulai pada bulan Juni. Sehingga pemancing yang senang berburu ikan di perairan lepas sangatlah mempersiapkan sekali di bulan bulan ini , untuk bertarung dengan ikan tuna yang berukuran besar besar .

Dan bagi temen temen yang suka memancing dari atas tebing ( ROCK FISHING ) , anda bisa menemui bapak jono , bapak doel , sebagai porter anda untuk memancing dari atas tebing , lokasi tebing yang cukup aman dan ada beberapa spot mancing , yang terdekat lokasi mancing ( Gubuk ) di sebelah kiri dari dermaga dengan perjalanan kaki sekitar 20 menit , dan ( Bandol ) dengan perjalanan sekitar 25 menit , dan kalau anda ingin di sebelah barat dermaga lokasi yang sangatlah dalam yaitu di Menyer .

Spot Bandol

Lokasi mancing Bandol , yang letaknya di sebelah timur Sadeng , ini merupakan spot mancing yang saat ini agak jarang di kunjungi para mania jogja , sebetulnya lokasi ini sangatlah potensial sekali untuk memancing dan banyak ikan besarnya juga , di samping tinggi tebing yang lumayan sekitaran 30 meter , kedalaman air yang cukup untuk cari ikan besar , juga tempat yang luas dan bisa menampung banyak para mania yang pergi memancing kesana . Di sam,ping itu kalau anda berpergian ke sana harus bawa peralatan yang cukup untuk berteduh , sehingga kalau hujan tidak kedinginan . Bandol dengan perjalanan kaki sekitar 25 menit ini sangatlah mengasikkan sekali , disamping kita bisa menikmati memancing dan camping . dengan alas rumput yang masih hijau dan tebal .
kalau anda ingin bebergian kesana mampir dulu ke sadeng di dermaga dan bisa menemui bapak dul atau jono yang mana bisa mengantar anda untuk di temani sebagai porter dilokasi .

Spot Pajungan

Spot mancing dari atas tebing ini , sangatlah potensial sekali untuk mancing dasaran , dengan kedalaman air yang sangat dalam sekitaran 50 meter ( drop of ) . Pajungan yang tidak jauh dengan desa terakhir , perjalanan yang tidak begitu jauh dari Srawu , dengan porter bapak Suger dan pemandu mancing di daerah sana ,…. lokasi yang sangat memungkinkan untuk spot mancing dari atas tebing ini juga sangatlah bagus untuk spot mancing dengan teknik bottom dan mengambang dengan target ikan ( Baracuda ).
Struktur karang yang banyak ditengah ( batu mandi ) sehinga berpotensial sekali untuk memancing dengan teknik popping dan troling . Perjalanan bisa di tempuh dengan mobil dari jogjakarta ke pacitan ( Srawu ) kurang lebih selama 3,5 jam .dengan pemandangan dan jalan yang berkelok kelok menelusuri pegunugan yang hijau . Srawu dan sekitarnya , kaya di watu karung , klayar semuanya sangatlah berpotensi sekali untuk memancing dengan segala jurus …. anda ingin mencobanya ? Semoga sukses selalu .

Spot Mancing Karang Renean ( Biting )

Spot mancing Biting sangatlah misteri….sering juga ikan besar naik di lokasi ini… apa lagi jika pas musim ikan teri , sangatlah banyak para mania berdatangan untuk berburu GT . lokasi yang tidak jauh dari akses jalan yang sudah ber aspal , dan perjalanan kaki yang tidak begitu jauh , 15 menit berjalan kaki dan kedalaman yang cukup , dengan ketinggian tebing sekitar 20 mt dari atas permukaan air laut. Ffasilitas sudah ada gubuk yang setengah permanen , terbuat dari bahan kayu dan beratap genteng , sehingga akan lebih aman jika para mania tidak membawa peralatan tenda . Spot Biting sangatlah cocok untuk Dasaran dan mancing dengan cara mengambang.

Spot Mancing Karang Gubuk

Spot mancing dari atas tebing Di sebelah timur Dermaga Sadeng ( Gubuk ). Lokasi yang juga istimewa untuk para mania Rock Fishing .
Perjalannan cuma ditempuh dg jalan kaki selama 20 menit , dengan perjalanan menelusuri pegunungan , dengan kedalaman air yang cukup tapi ikan sering naik juga di sana dan lumayan yang besar besar juga banyak . jika anda kepingin memancing ke sana bisa menghubungi bapak Jono atau bapak Dul yang bisa menganter sebagai porter anda .

Spot Mancing Karang Grendan

Salah satu spot yang istimewa ini sangatlah sering sekali di kunjungi para mania Rock Fishing, dari berbagai sudut daerah , di samping kedalaman air yang sangat dalam , juga tempat yang bisa menampung untuk para mania yang ingin memancing di lokasi ini .
Grendan yang mempunyai kedalaman air sekitar 80 meter, dan perjalanan sekitar 25 manit , di tempuh dengan berjalan kaki , dan berkarakter tebing yang sangat pendek . Tapi apabila bagi anda yang belum pernah memancing di lokasi ini sangatlah berhati hati , karena banyak juga sudah memakan korban . ( Tersapu ombak dan terbawa ke arus yang dalam ). Grendan tempat mancing yang sangat cocok sekali untuk mancing berbagai teknik. Dan ikan yang masih bisa kita andalkan .

Spot Mancing Karang Renean Pacitan Srawu

Spot mancing dengan perjalanan sekitar 3,5 jam dari jogjakarta menuju ke Pacitan .Ditempuh dengan mobil, dan jalan yang berkelok kelok dan melintasi pegunungan – pegunungan yang memiliki pemandanganyang super istimewa . Srawu adalah spot untuk Rock Fishing yang mana lokasi ini biasanya di datangi para mania dari solo dan jogja , memang sport yang istimewa untuk mancing dasaran dengan target ikan kakap merah, hitam, krapu dan GT. Lokasi ini akses jalan sangatlah mudah dan tidak jauh di tempuh dengan berjalan kaki dan lokasi yang sungguh luar biasa .

Spot Sirat

Spot ini dulu perjalanan yang sangatlah cukup melelahkan bagi para mania yang ingin memancing di sana , tapi kini sekarang sangatlah enak akses jalan dan tidak jauh untuk berjalan kaki, ….kurang lebihnya sekitar 10 menit. Dan sangat potensial untuk rock fishing , juga mancing menggunakan teknic pelampung , dengan sasaran Barakuda . Ikan barakuda jika musim sangatlah rame di spot Gesirat ini , dengan kedalaman air yang cukup dalam dan karakter teluk yang cukup besar sehingga menjadikan sasaran untuk bernaun ikan Barakuda . Hot Spot yang paling istimewa jika anda memancing jenis ikan ( Barakuda ) di kawasan gunung kidul ya itu di Dengkeng ( wediombo ) dan Gesirat , yang letaknya tidaklah jauh dari Panggang kabupaten Gunung kidul. Sangatlah banyak sekarang pemancing yang berdatangan di sini dari berbagai daerah yang kususnya para mania dari jogja karta sendiri . Memang Gesirat spot yang istimewa untuk mancing dasar dan pakai pelampung .

Spot Mancing Karang Pulau Timang

Pulau Timang merupakan salah satu tempat yang sering di kunjungi juga para mania rock fishing Jogjakarta dengan akses jalan yang sangat dekat , dan tidak memerlukan perjalanan yang melelahkan . Spot yang mempunyai pemandangan yang luar biasa ini dengan kedalaman air yang tidak begi dalam , ya…. sekitaran 7 sampai 10 meter , tapi sering juga para mania bisa mendapatkan hasil tangkapannya . Tempat yang sangat efektif untuk Casting , dasaran , tecnik mengambang apabila musim barakuda . Dengan ketinggian tebing yang relatif pendek sehingga apabila kita mendapatkan ikan yang besar sangatlah mudah untuk menaikannya .

Spot Mancing Karang Manganti Gombong

Tempat ini akses jalan tidak terlalu jauh , dengan motor atau mobil yang kita parkir dan lokasi yang sangat cocok untuk mancing Bottom, Casting , dan Popping . Manganti salah satu potensi yang sangat bagus untuk memancing . Dengan fereasi kedalaman air yang berbeda- beda dan merupakan teluk yang lumayan besar , sehingga untuk air bisa setabil kehalusannya . Dan jika anda ingin memancing untuk surf casting anda bisa memancing yang tidak jauh dari pantai manganti, yaitu pantai pasir . Pantai yang mempunyai pemandangan yang luar biasa , dan berpasir putih.

Manganti juga banyak untuk spot mancing baronang , dengan karakter karang yang bagus , sehingga baronang lebih suka berdiam disana .Baronang yang mempunyai mulut yang kecil juga merupakan pemakan rumput , sehingga kalau kita mancing baronang lebih bagusnya pakai umpan lumut yang dari bebatuan karang , dan menggunakan hook yang kecil . Atau kita bisa dengan menggunakan umpan sayatan yang kecil juga , atau pakai lumut dari bebatuan karang . Dan biasanya kalau musim ikan atas sangatlah dasyat, seperti ikan Layur , Barakuda , dan GT kalau anda ingin mencobanya silahkan , Manganti adalah tempat yang sangat bersahabat sekali bagi para pemancing yang menyukainya.

Spot Mancing Karang Menyer Barat Sadeng

Spot Rock Fishing Menyer sangatlah potensial untuk memancing dasaran , dengan kedalaman air yang cukup dalam, kurang lebihnya 40 meter. Medan yang lumayan jauh , di tempuh selama 40 menit berjalan kaki , dengan pemandangan pegunungan yang istimewa.
Mancing di Menyer sangat cocok sekali dengan teknik dasaran atau ( Bottom ). Untuk potesi ikan yang masih luar biasa . Dan bagi anda yang sangat mencintai petualangan pasti sangatlah cocok untuk medan yang seperti ini .

Di daerah kawasan gunung kidul , yang merupakan sasaran para mania Rock Fishing . Dengan struktur batu karang yang terjal dan perlu perjalanan yang sangat melelahkan ….. tapi ini semua bukanya menjadikan kendala bagi mereka , justru semakin jauh atau semakin extreem , para mania sangat ber antosias, ( penasaran ) ini sudah gila ……. tapi ya emang gila . Demi mendapatkan tarikan ikan yang luar biasa . Para mania Rock Fishing kini bertambah banyak dari tahun ke tahun di jogjakarta , berawal dari alat yang sederhana kini sudah memakai alat yang berkwalitas , emang untuk perkembangan begitu dasyatnya mereka muncul dari berbagai sudut. Untuk kawasan timur tuan rumah gunung kidul sendiri sekarang di banjiri para mania yang bermunculan terus , Kususnya memancing dari atas tebing.

(omahpancingjogja.blogspot.com)

4 comments for “Lokasi / Spot Mancing Karang Di Jogja

  1. rhid dhickz
    19/01/2013 at 5:53 pm

    wah kayakya seru tuh,..kalo bisa ditambahin koordinatnya om, biar lebih jelas, soalnya belum banyak yg tau spot2 diatas ( kecuali yg tau ) ™ђёe..ђёe..ђёe..ђёe..™
    kmaren smpet ke gesirat ma tmen, tapi lepas 1x , putus 2x,walhasil gk dpet apa2 deh. ƪ(⌣_⌣“)ʃ

  2. hananto
    26/05/2013 at 1:37 am

    informasinya bagus dan lengkap. Akan sangat membantu bila dilengkapi peta dan cara mencapai lokasi2 tsb bagi pemancing dr luar jogja, baik dg kendaraan umum mapun pribadi (motor/mobil)

  3. 09/09/2013 at 11:40 pm

    sipp mas..untuk spot gesing yg mana ya mas..? makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *